Agustinus Bambang Jusana

Bambang JusanaAgustinus Bambang Jusana pernah bergabung dengan Paduan Suara Mahasiswa UNPAR dan Batavia Madrigal Singers (BMS) pimpinan Ir.Avip Priatna, Mag.of Art. Pengetahuan conducting dan tutorial paduan suara diperoleh saat belajar conducting intensif dari Ir.Avip Priatna, Mag.of Art; sempat mengikuti masterclass conducting dari Prof. Rob Vermeulen di Utrecht-Belanda. Sudah hampir dua dekade memimpin paduan suara-paduan suara, antara lain: PSM Universitas Kristen Maranatha Bandung, PSM ABFI Perbanas Jakarta, PSM Universitas Lampung, Paduan Suara Allegra Bandung, dan masih banyak lagi.

Sudah banyak prestasi yang diperoleh bersama paduan suara-paduan suara yang dipimpin oleh Agustinus Bambang Jusana, antara lain: mengikuti kompetisi paduan suara di FPS ITB Bandung dan berturut-turut menjuarai beberapa kategori sebanyak tiga kali berturut-turut, berkali-kali menjuarai Kompetisi Paduan Suara UNPAR Bandung, juga meraih banyak prestasi di banyak kompetisi paduan suara berkelas internasional di Yunani, Jerman, Spanyol, Italia, Austria, dan lain-lain. Beliau pernah memperoleh penghargaan The Best Conductor saat mengikuti Kompetisi Paduan Suara di Riva del Garda Italia pada tahun 2009.

Saat ini, selain menjadi conductor dan pelatih di banyak paduan suara di beberapa kota di Indonesia, Agustinus Bambang Jusana juga banyak membuat aransemen lagu -lagu daerah Indonesia yang sudah banyak dibawakan oleh paduan suara-paduan suara yang mengikuti kompetisi paduan suara di luar negeri dan membuahkan prestasi. Agustinus Bambang Jusana juga seringkali menjadi juri pada kompetisi paduan suara baik nasional maupun internasional; terakhir, menjadi juri pada event International Music Festival “Musikahan Sa Tagum” di Kota Tagum, Davao City, Filipina pada Pebruari 2012. Pada Mei 2013, Agustinus Bambang Jusana juga menjadi tim artistik dan salah satu juri dalam 4th SDGNCF 2013.

Pada The 10th International Choir Competition di Miltenberg, Jerman, yang diselenggarakan pada tanggal 17-20 Juli 2014, Agustinus Bambang Jusana bersama Paduan Suara Mahasiswa Kristen Maranatha Bandung berhasil meraih juara pertama untuk kategori mixed choir dan juara kedua untuk kategori folklore serta berhasil meraih penghargaan interpretasi lagu wajib terbaik “Cantus Gloriosus”.